PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Selasa (14/2/2023) meluncurkam Kirap Pemilu 2024 bertajuk Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara 2024.

Peluncuran terderbut dihadiri langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti serta sejumlah perwakilan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Selain diluncurkan secara langsung, kegiatan tersebut juga digelar secarz virtual karena di luncurkan secara serentak di tujuh kota.

Peluncuran 2024 di setiap titik menampilkan seni budaya lokal serta deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Sekkot.

Peluncuran juga dirangkaikan dengan pelepasan tim kirab yang mengawal 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 secara bersamaan di tujuh titik oleh anggota KPU menuju titik estafet.

Ketua Agussalim Wahid mengatakan bahwa titik dari pelaksanaan kirab pemilu tahun 2024 ini adalah penekanan terhadap sosialisasi yang masif kepada masyarakat dengan tujuan agar dapat meningkatkan partisipasi pemilu di tahun 2024 mendatang. 

“Tentunya dengan Kirab Pemilu tahun 2024 ini, titik Penekanannya dari KPU RI bahwa harus melakukan sosialisasi secara masif, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat sehingga dapat menigkatkan partisipasi pemilu,” jelasnya.

Selain itu, Agussalim juga mengatakan pihaknya akan terus mengawal dan menjalankan pemilu di tahun 2024 sesuai dengan regulasi yang ada yang tertuang dalam UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, serta berharap agar kiranya pada pemilu tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya pelanggaran.**