PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar rapat koordinasi pada Jumat (23/8/2024) untuk mempersiapkan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palu tahun 2024. 

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman di antara semua pihak terkait, terutama mengenai prosedur pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan bagi para calon. 

“Pemeriksaan kesehatan ini melibatkan beberapa institusi yang tergabung dalam satu tim. KPU Palu baru saja mengeluarkan surat keputusan terkait rumah sakit yang akan menjadi tempat pemeriksaan kesehatan berdasarkan rekomendasi dari dinas kesehatan,” ujar Idrus.

Dalam kesempatan tersebut, Idrus juga mengungkapkan bahwa pengumuman pendaftaran pasangan calon wali kota akan dilakukan pada 26 Agustus 2024, menunggu arahan lebih lanjut dari KPU pusat. Pendaftaran akan dibuka mulai 27 hingga 29 Agustus 2024 di kantor KPU Kota Palu.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari RSUD Anutapura, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Polres Palu. Idrus berharap koordinasi yang baik antar instansi dapat memastikan kelancaran proses pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan calon wali kota. 

“Dalam rapat ini, kami juga membahas langkah-langkah mitigasi untuk menghindari potensi sengketa yang mungkin timbul selama proses pendaftaran,” tambahnya. RA