PALU – Menanggapi banyaknya isu yang terjadi belakang terakhir, Palu, Hadianto Rasyid pihak sekolah dan juga orang tua untuk memperketat terhadap anak sebagai upaya menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Wali kota menjelaskan, walaupun sampai saat ini belum ada bukti adanya kejadian penculikan anak di Kota Palu, pihaknya akan tetap melakukan antisipasi dini melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu agar memerintahkan semua sekolah untuk meningkatkan pengawasan siswa-siswinya terutama pada saat penjemputan sekolah.

“Sekolah harus memastikan siswa-siswi dijemput oleh orang tua atau keluarganya,” ujar Wali Kota, Jumat (20/1/2023).

Selain itu, wali kota juga menghimbau kepafa para orang tua yang memiliki anak dibawah umur, untuk lebih waspada dan meningkatkan pengawasan terhadap anak untuk tidak bermain terlalu jauh dari lingkungan rumahnya.

“Misalnya orang tua lambat menjemput anaknya, tolong beritahu pihak sekolah agar pihak sekolah bisa mengawasi anak tersebut untuk tetap di dalam sekolah sambil menunggu orang tuanya menjemput,” jelasnya.

Wali kota juga menjelaskan, pihak Polres Palu sebagai mitra dengan Pemkot Palu sudah menyiapkan langkah dalam meningkatkan pengawasan atas isu-isu penculikan anak tersebut. 

“Kita minta masyarakat tetap tenang, karena saya yakin, pihak kepolisian Polres Palu pasti sudah memikirkan langkah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.RES