PALU – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palu yang sedang mempelajari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) wali kota anggaran tahun 2023. Dengan melakukan peninjauan langsung terhadap proyek pembangunan rehabilitasi lapangan Vatulemo Palu. Rabu, 17 April2024, 

Peninjauan tersebut di lakukan untuk mengevaluasi proses pembangunan lapangan Vatulemo yang telah mendapat kritik. Mulai dari kualitas bangunan hingga fasilitas umum yang di sediakan bagi masyarakat untuk beraktivitas. Baik itu olahraga maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sebelumnya, anggaran untuk rehabilitasi lapangan Vatulemo ini mencapai Rp 25 miliar. Namun pencairan tahap pertama sebesar Rp 9 miliar belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Terutama dalam hal fasilitas umum yang memadai.

Anggota Pansus seperti Mutmainah Korona, Ishak Cae, Marcelinus, Farden Saino, Rusman Ramli, dan Diah Tripurwantini turut serta dalam peninjauan tersebut, dengan tujuan untuk memastikan progres pembangunan yang terperinci. Serta memastikan bahwa lapangan tersebut akan tetap bermanfaat bagi masyarakat, termasuk pelaku UMKM.

Kepala Dinas PU Palu, Singgih B Prasetyo, yang menerima anggota Pansus, menjelaskan taman Vatulemo reborn akan di bangun kembali dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan pelaku UMKM, dengan menyediakan berbagai fasilitas olahraga dan ruang terbuka untuk publik. RA