DONGGALA – Presiden Joko Widodo(Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Pelabuhan Donggala yang terletak di Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa. Rencana ini diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi TengahRusdi Mastura, dalam sebuah acara tinjauan lokasi pelabuhan baru di Donggala pada Senin (18/03/24).

Dalam acara tersebut, Gubernur didampingi oleh sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sulawesi Tengah, Penjabat (Pj) Bupati Donggala, Moh Rifani, serta Pimpinan OPD Linkup Pemerintah Kabupaten Donggala.

Gubernur mengatakan bahwa Pelabuhan Donggala menjadi fokus penting dalam pengembangan infrastruktur maritim di wilayah Donggala menyambut Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur.

“Dengan adanya pelabuhan baru ini, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas transportasi laut antara Donggala dan wilayah lainnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan pemerintah untuk memperkuat sektor transportasi laut sebagai salah satu pilar utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Sultengkhususnya di Kabupaten Donggala ,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Gubernur, pelabuhan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat setempat, seperti peningkatan peluang usaha di sektor perdagangan dan pariwisata.

Pelabuhan Wani khusus untuk ternak dan kapal muatan barang seperti sayur-sayuran. Sementara Pelabuhan Donggala adalah pelabuhan sementara sebelum pelabuhan Pantoloan, yang melayani penumpang, ekspor, dan peti kemas dan Pelabuhan Donggala ini harus dipersiapkan dengan baik karena lokasinya berhadapan dengan IKN. Bayangkan lintasannya melintasi Selat Makassar, ini akan terwujud dalam 5 hingga 10 tahun ke depan,” Ujarnya.

Meskipun jadwal peresmian belum ditetapkan, Pemda Donggala harus mempersiapkannya dengan matang. Penetapan jadwal peresmian oleh Presiden RI menunggu peninjauan lebih lanjut oleh tim pusat.

“Mungkin Tim dari pusat secepatnya tiba ke Sulteng untuk mengatur rencana tersebut,” Katanya

Gubernur Sulteng berencana membawa Presiden RI menuju Pelabuhan Wani dengan helikopter saat peresmian dermaga.

“Saya berencana membawa Presiden naik helikopter ke Pelabuhan Wani agar beliau dapat melihat keindahan pantai Tanjung Karang di Kabupaten Donggala. Saat ini, Pemda Donggala harus mempersiapkan peresmian dua pelabuhan tersebut,” Ucapnya lagi

“Kita harus mempertimbangkan manfaatnya. Bagaimana perencanaan pembangunan ke depan bisa disesuaikan dengan keberadaan IKN. Oleh karena itu, saya melibatkan ITB dalam perencanaan pembangunan Donggala ke depan,” Tambahnya

Sementara itu, PJ Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap menghadapi persiapan peresmian dua pelabuhan oleh Presiden RI. NTZ