DONGGALA –

Dalam pesta demokrasi terkini, Kabupaten Donggala menyaksikan fenomena menarik dimana dua puluh dari tiga puluh lima anggota Legislatif (Anleg) yang terpilih untuk mewakili Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2024-2029 adalah wajah-wajah baru atau pendatang baru di dunia politik.

Hasil rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum(KPU) Donggala di tingkat kabupaten mengungkapkan komposisi yang menarik dari berbagai daerah pemilihan (Dapil).

Daerah Pemilihan (Dapil) 1, yang mencakup wilayah kecamatan Banawa dan Banawa Tengah, menjadi panggung bagi Hermin dari Partai NasDemFirdaus dari PKBNasir dari Perindo, dan Zulkifli dari Demokrat.

Sementara itu, Dapil 2, yang meliputi kecamatan Labuan, Tanantovea, Sindue, dan Sindue Tombusabora, menyaksikan kehadiran Jinurain Lamakatutu dari PDIP, Mas Ali dari GolkarBebi dari PKB, dan Azwar dari PKS.

Di Dapil 3, yang mencakup kecamatan Sindue Tobata, Sirenja, Balaesan, dan Balaesang Tanjung, terlihat Fany Sirey Mowar dari GerindraMuhammad Irvandari Golkar, Yasin Lataka dari NasDem, Amria GaniLamagangka dari PAN, dan Edwan dari Demokrat, bersaing untuk mewakili aspirasi masyarakat.

Sementara itu, Dapil 4, yang meliputi kecamatan Dampelas, Sojol, dan Sojol Utara, menjadi tempat bagi tokoh-tokoh seperti IriyantiMuhammad dari Partai NasDem, Irmayani dari Partai PAN, dan Andi Wahyudi Armansyah Wawo dari Demokrat.

Dan pada akhirnya, Dapil 5, yang mencakup kecamatan Banawa Selatan, Rio Pakava, dan Pinembani, menyaksikan kehadiran A. Mangkona dari Gerindra, Wanto Muda dari PKS, dan I Ketut Kariana, yang siap menjalankan amanah rakyat dalam DPRD Donggala.NTZ