PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan Korem 132 Tadulako bersinergi dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 di Kota Palu dengan melibatkan ribuan porsonil dan padat karya Kota Palu dalam aksi bersih-bersih sepanjang Pantai Talise Kota Palu, Jumat (23/2/2024). 

Kepala staf Korem 132/Tdl, Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko S.I.P. mengatakan, pihaknya melibatkan sekitar 450 porsonel TNI AD yang disebar diberbagai titik termasuk sepanjang Pantai Talise. 

Dirinya menjelaskan, dalam peringatan HPSN ini pihaknya melibatkan berbagai lembaga, kementerian, termasuk Pemerintah (Pemkot) Palu yang menurunkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 3.000 lebih peserta padat karya dalam aksi bersih Pantai Talise tersebut.

“Kita berkomitmen dan perlu mendukung pemerintah daerah dalam kegiatan kebersihan maupun kegiatan lainnya. Ini salah satu bagian dari dukungan kita ke Pemkot Palu intuk ikut menjaga lingkungan dan kebersihan daerah,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, tidak hanya peduli lingkungan, TNI juga menjalankan program lainnya seperti mendukung penanganan stunting, menjaga ketahanan pangan dan menjalankan program manunggal air untuk daerah-daerah yang mengalami kesulitan air bersih.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Petalolo juga menjelaskan, selain seluruh OPD dan 3.000 peserta padat karya, Pemkot Palu juga menurunkan seluruh mobil pick up sampaih dalam aksi bersih Pantai Talise tersebut.

Dalam peringatan HPSN ini, Pemkot Palu mengelar barbagai agenda lainnya seperti lomba mendesain tas belanja bukan sekali pakai, lomba ranking 1 yang akan diikuti oleh kepala OPD di lingkup Pemkot Palu untuk mengasalah pengetahuan tentang lingkungan hingga puncak acara yang akan digelar di TPA Kawatuna.

“Sengaja puncak acaranya kita gelar di TPA, agar masyarakat tau bahwa TPA tidak semegerikan yang dibayangkan. TPA kita saat ini telah dikelolah baik oleh Pemkot Palu dengan adanya beberapa fasilitas di dalamnya,” jelasnya. RA