PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyerahkan santunan duka sebesar Rp46 juta kepada ahli waris Sugeng Wibowo (47) tahun meninggal dunia usai menyelesaikan tugasnya sebagai Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 07 Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga.

Santunan tersebut diantar langsung oleh Ketua KPU Kota Palu beserta komisioner dan sekretaris KPU Kota Palu pada Senin (19/2/2024) di rumah duka Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Ketua KPU Kota Palu, Idrus menjelaskan, pihaknya telah menyerahkan langsung santunan duka diantaranya Rp36 juta santunan kematian dan Rp10 juta santunan pemakaman, santunan tersebut diserahkan secara tunai oleh Ketua KPU Kota Palu kepada istri almarhum dan disaksikan olej sejumlah keluarga almarhum.

“Kami beserta tim dari KPU Kota Palu penyerahkan langsung secara tunai santunan kepada istri almarhum dan disaksikan olej sejumlaj keluarga almarhum,” ujarnya.

Idrus menjelaskan, sebagai bentuk kehadiran KPU secara nasional yg dwakili KPU Kota Palu,  santunan ini tidak dalam rangka mengurangi kesedihan keluarga dan sahabat almarhum uang kehilangan.

Lanjut Idrus, makna dari kehadiran santunan yang dihantarkan tersebut merupakan hak dari penyelenggara secara nasional yang memang KPU persiapkan dalam kondisi terpuruk penyelenggaran dalam mengawal proses demokrasi Pemilu 2024.

“Karna kami percaya dan yakini kehilangan seorang suami, ayah family dan sahabat tidak bisa diukur dgn materi,” jelasnya.

Dihadapan keluarga, KPU Kota Palu juga  mengucapkan rasa belasungkawa dan apresiasi kepada keluarga almarhum karena almarhum sudah menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya untuk mensukseskan proses pungut dan hitung di TPS 07 Kelurahan Palupi, Kecamatan Tatanga.

“Menjadi penyelenggara merupakan satu kesatuan yang tidak boleh terpisahkan, jika satu berduka maka yang lain ikut berduka, jika  satu terpuruk maka yang lain hadir untuk membantu untuk bangkit,” jelasnya.

Idrus dan komisioner serta sekretaris dan tim KPU Kota Palu juga ikut menghadiri tahlilal hari ke tiga almarhum yang dilaksanakan dikediaman almarhum di Palupi, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. RES