PALUKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar simulasi bertujuan memberikan pelatihan kepada ketua-ketua KPPS di setiap kecamatan pada Jumat kemarin (9/2/2024).

Anggota KPU Palu Koordinator divisi teknis, Iskandar, menyatakan bahwa kegiatan simulasi ini merupakan agenda penting bagi KPU Kota Palu sebagai bagian dari persiapan menyambut pemilihan mendatang.

“Simulasi tersebut tidak menggunakan daftar pemilih tetap, tetapi melibatkan peserta langsung yang terdiri dari ketua-ketua KPPS,” ujarnya.

“Dalam acara ini, sebanyak 222 peserta akan terlibat di setiap kecamatan, tanpa melibatkan DPT. Namun, total simulasi akan dilakukan besok dengan mengundang PPK dan TPS, serta menggunakan DPT,” tambahnya.

Iskandar melanjutkan, kegiatan simulasi hari ini dilaksanakan secara serentak di delapan kecamatan di Kota Palu, mulai dari Mantikulore hingga Tatanga. Peserta simulasi akan memahami secara langsung proses pemungutan dan perhitungan suara.

Selain itu, kata dia, simulasi ini juga mencakup persiapan jalur khusus bagi kelompok disabilitas pada pemilihan mendatang. Kelompok lansia, ibu hamil, dan disabilitas dipersiapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tujuan utama dari simulasi ini adalah mempersiapkan KPPS dan seluruh peserta terkait dengan proses pemungutan suara yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang,” ujarnya.

Dengan demikian, KPU Kota Palu menunjukkan komitmennya untuk menyelenggarakan pemilihan yang berjalan lancar dan adil bagi seluruh warga masyarakatnya. Demikian Iskandar. **