DONGGALA – Bupati Donggala, Moh Yasin, didampingi Ketua TP PKK Fany Sirey Mowar, hadir dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala pada Senin (27/11/23). 

Dalam acara yang bertemakan “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” turut hadir Asisten II, Pimpinan OPD, Kepala Puskesmas dari 18 puskesmas, serta tenaga kesehatan se-Kabupaten Donggala.

Dalam sambutannya, Bupati Yasin menekankan pentingnya makna mendalam dalam peringatan HKN kali ini. Ia menyampaikan bahwa kesadaran akan pentingnya kesehatan bukan hanya seremoni, tetapi upaya nyata, terutama dalam menjalankan program pekan kesehatan. 

Bupati Yasin mengilustrasikan bahwa hidup sehat memberikan kemampuan untuk mencapai tujuan dan impian. Sebaliknya, ketidaksehatan dapat menghambat kemampuan seseorang. Ia juga memberikan contoh bagaimana sakit gigi atau demam dapat memengaruhi kualitas pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

“Kalau keluarga sehat, Insya Allah bisa bekerja dan yang pasti akan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan,” harapnya. 

Bupati Yasin menyoroti tantangan dalam pelayanan kesehatan, terutama terkait keterbatasan anggaran. Ia mendorong Dinas Kesehatan dan seluruh jajaran untuk lebih aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, agar lebih sering memeriksakan kesehatan sebagai langkah preventif.

“Pelayanan Kesehatan dari hulu ke hilir juga diutamakan, terutama tenaga kesehatan dan bidan di desa pedalaman. Hal itu untuk memastikan ibu-ibu melahirkan ditangani oleh tim kesehatan,” ucapnya. 

Bupati Yasin juga mengingatkan akan kondisi ekonomi yang sedang terpuruk. Ia berharap masyarakat bisa bersama-sama mengatasi tantangan tersebut. Peringatan HKN ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan upaya nyata dalam mencapai transformasi kesehatan yang lebih baik di Kabupaten Donggala.