POSO – Bupati Poso, dr. Verna G.M. Inkiriwang meninjau langsung titik lokasi di kota Tentena, yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan Kharisma Even Nusantara (KEN) Festival Danau Poso (FDP) tahun 2023, Rabu (13/9/2023).

Verna mengatakan, FDP ke-23 yang rencananya digelar pada 10—13 Oktober 2023, akan dievaluasi bersama puluhan daerah lain di Indonesia.

“Nanti, yang masuk event terbaik akan ditetapkan menjadi agenda tetap pariwisata nasional KEN,” kata Verna, yang didampingi Ketua Panitia FDP, Reza Rangga sejumlah pimpinan OPD dan Humas PT Poso Energy, M. Syafri. 

Dia berharap, seluruh panitia bisa menyukseskan pelaksanaan FDP tahun ini. Perencanaan kegiatan harus dipersiapkan sebaik mungkin, saat seremoni pembukaan maupun penutupan.

Olehnya, Verna menekankan, FDP tahun ini harus menampilkan sesuatu yang luar biasa, unik dan menarik, sehingga bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Supaya event-event lomba ini dapat mendatangkan kesan yang mendalam bagi para tamu dan pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Serta mampu mencapai target kunjungan, maksimal 15.000 wisatawan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia FDP 2023, Reza Rangga menyebutkan, ada beberapa opsi yang dilakukan saat pembukaan festival, untuk mengurangi kemacetan akibat padatnya pengunjung, sesuai pengalaman di tahun-tahun sebelumnya.

“Opsi tersebut akan memberikan ruang bagi para tamu VVIP, agar lebih mudah mencapai panggung utama FDP dari penginapannya,” tutup Reza. ULY