DONGGALA – Pemerintah Kabupaten Donggala melanjutkan distribusi Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II tahun 2023 di Kecamatan Sojol. Bantuan berupa beras seberat 10 kg per Kepala Keluarga (KK) kurang mampu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Donggala, Moh. Yasin, didampingi oleh Kadis Ketahanan Pangan, Mohammad Fahri, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Donggala, Fany Sirey Mowar, di kantor Camat Sojol pada Jumat (17/11/23).

Bupati Donggala, Moh. Yasin, menyatakan bahwa penyaluran beras CPP ini merupakan program prioritas pemerintah untuk meringankan beban masyarakat.

“Bantuan CPP ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat penerima dan memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu,” ujar Yasin.

Bupati menjelaskan bahwa penyaluran beras ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah terhadap masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan.

“Penyaluran bantuan ini sangat tepat dan diharapkan dapat sedikit mengurangi beban pengeluaran,” tambahnya.

Yasin juga menjelaskan bahwa program ini merupakan hasil kerja sama antara Badan Pangan Nasional, Bulog, dan Pemda Kabupaten Donggala. Mengingat adanya dampak El Nino pada pendapatan masyarakat di semua daerah tahun ini.

“Ini adalah beras untuk semua warga. Tidak ada beras pribadi. Semua ini adalah bantuan untuk masyarakat,” tegas Yasin.

Lebih lanjut, Yasin mengingatkan Camat dan Kades untuk tetap netral menjelang tahun politik. Mereka diminta untuk tidak menggunakan atribut partai atau simbol-simbol politik. Meskipun diizinkan untuk hadir saat kampanye, netralitas tetap harus dijaga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala, Moh. Fahri, menyatakan bahwa bantuan CPP Tahap II kembali disalurkan di Kecamatan Sojol dengan jumlah penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 1.895 KPM tersebar di 9 desa.

“Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II ini disalurkan kepada 1.895 masyarakat, khususnya di Kecamatan Sojol, yang termasuk dalam KK miskin dan masuk DTKS,” terangnya. RES