MOROWALI –Petani di Desa Lantu Jaya Kecamatan Wita Ponda Morowali terancam gagal panen.

Kondisi kekeringan yang saat ini melanda wilayah Sulawesi Tengah, menyisakan permasalahan bagi petani. Salah satu yang terdampak kekeringan petani sawah yang berada di Desa Lantula Jaya Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali. Lebih 50 Hektare sawah petani Lantula Jaya terancam gagal panen.

Kondisi tersebut disampaikan warga pada saat pelaksanaan Reses Anggota DPRD Sulawesi Tengah Dapil Poso, Tojo Unauna, Morowali, dan Morowali Utara Huisman Brant Toripalu, SH, MH, Sabtu (4/11/2023). Warga menyampaikan bahwa kondisi persawahan dan tanaman padi tidak berkembang dengan baik dan tanah persawahan terbelah-belah.

Di samping kekeringan yang disebabkan El Nino, kondisi juga diperparah dengan adanya Irigasi Ungkaya. Saat ini sedang dilaksanakan rehabilitasi irigasi yang berakibat pasokan air ke persawahan terhenti total.

Terhadap permasalahan tersebut, anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan yang biasa disapa HB.Toripalu berharap, pemerintah dapat mengintervensi sebagai bencana gagal panen. Pemerintah lanjut HB. Toripalu, dapat mengucurkan bantuan stimulus bagi petani yang mengalami gagal panen.**