PALU – Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Rizal, mendorong warga untuk memanfaatkan bantuan usaha yang menjadi program Pemerintah Kota (Pemkot) Palu. Hal itu disampaikan Rizal saat mengelar reses di Jalan Datu Adam Lorong I pada Rabu (18/10/2023).

Beberapa warga mengeluh, menyampaikan bahwa beberapa kali mengajukan bantuan ke pihak kelurahan, dan berulang kali melengkapi berkas namun tidak ada bantuan dan kabar hingga hari ini.

Politisi PKS itu mendorong warga yang hadir pada reses tersebut untuk memanfaatkan bantuan usaha yang menjadi program dari Pemkot Palu. Dirinya juga berharap, warga secara langsung mengajukan bantuan tersebut ke Dinas Sosial (Dinsos) Palu.

“Kita harus tau banyak sekali program bantuan dari Pemkot, ibu-ibu yang memiliki usaha butuh bantuan modal dan peralatan itu bisa dibantu, ajukan itu melalui Dinas Sosial Kota Palu,” jelasnya. 

Calon Anggota DPRD Provinsi Sulteng ini juga menghimbau warga yang sakit untuk tidak segan-segan berobat ke Rumah Sakit. Dirinya menjelaskan, warga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki BPJS Kesehatan, karena Dinsos Palu siap membantu warga yang kurang mampu untuk difasilitas Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara gratis.

“Bahkan untuk KIS yang mandiri tapi menunggak, silahkan ke rumah sakit saja, ada keringan juga bagi warga yang KIS menunggak. Yang penting warga kalau sakit, tertangani sesegera mungkin,” jelasnya.

Dirinya juga menghimbau pemerintah untuk tidak memberikan harapan palsu kepada warga, jika memang belum memenuhi syarat, pemerintah diminta melakukan konfirmasi kepada warga.

“Supaya warga juga tau jika ada administrasi atau syarat mereka yang belum lengkap. Jangan sampai warga berulang kali menyetor KK dan KTP tapi tidak ada kabar,” jelasnya. 

Rizal berkomitmen akan menyampaikan permasalah drainase yang dikeluhkan warga kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu. Karena sudah mengakibatkan rumah warga terendam, hal itu harus menjadi prioritas apalagi berdasarkan informasi drainase saat ini merupakan hasil pembangunan swadaya masyarakat.

“Jadi betul-betul drainase warga disini betul pernah tersentuh, ini akan kami laporkan ke dinas terkait agar tahun depan bisa dianggarkan pada APBD murni.  Ini harus jadi prioritas karena sudah menganggu dan merendam rumah warga,” jelasnya.

Rizal juga berkomitmen akan membantu penerangan di wilayah tersebut. Selain akan melaporkan ke Dinas Permukiman dan Perumahan Kota Palu, Rizal akan menfasilitasi penerangan lampu jalan di lorong tersebut secara pribadi dalam.

“Doakan banyak rejeki, kita adakan lampu penerangan di lorong ini. Kita hitung dulu berapa tiang yang diperlukan,” jelasnya. RES