PALU – Penambahan Pendapatan Daerah pada Perubahan Anggran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kota Palu tahun 2023 ada ketambahan Rp12 miliar lebih. Hal itu dilaporkan Ketua panitia khusus () Perubahan APBD Kota Palu tahun 2023 pada Paripurna yang digelar Kamis (14/9/2023) di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Palu.

Ketua Pansus, Joppi Alvi Kekung yang menjelaskan, dalam pembahasan pansus ditemukan perbedaan angka sebesar Rp12.960.012.785 antara pembahasan Badan Anggaran (Banggar), nota Pengantar Wali Kota dan pembahasan pansus. 

Menurut Joppi, sapaan akrabnya, perbedaan angka tersebut berasal dari, penambahan dari pendapatan daerah yang mengalami kenaikan dari total sebelumnya yang hanya Rp137 Miliar.

“Dalam proses pembahasan perubahan APBD, wajar jika anggaran masih dapat mengalami pergerakan sebelum dilakukan evaluasi. Di fase pembahasan Banggar, masih terdapat potensi perubahan ditingkat pansus,” jelasnya.

Lebih lanjut, Joppi menyampaikan bahwa, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah mengidentifikasi peningkatan pendapatan daerah sekitar Rp12 miliar lebih tersebut, yang kemudian dimasukkan dalam dalam belanja daerah untuk menghindari adanya Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran). 

Joppi juga menjelaskan, penambahan pendapatan daerah yang sebelumnya ditetap Rp137 miliar ketambahan Rp12 miliar lebih sehingga ketambahan pendapatan daerah pada   menjadi Rp150 miliar.

“Dalam tahap Pansus, TAPD belum memberikan rincian terkait penambahan Rp12 miliar lebih tersebut pada sektor belanja mana saja,” jelasnya.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, Rp12 miliar lebih itu telah dimasukkan dalam alokasi sekitar total penambahan belanja daerah sebesar Rp150 miliar. Meski Pansus meminta penjelasan lebih lanjut terkait pengalokasian tambahan Ro12 miliar lebih tersebut, Joppi menyatakan bahwa secara umum, penambahan tersebut telah dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan penambahan pendapatan sebesar Rp150 Miliar lebih tersebut, total pendapatan daerah kini mencapai Rp1,5 triliun lebih. Sedangkan belanja daerah juga mengalami penambahan sebesar Rp150 miliar lebih dengan total belanja daerah pada Perubahan APBD 2023 mencapai Rp1,6 triliun. RA