PALU – Pelaksanaan tahap harvesting Gernas BBI dan BBWI Sulawesi Tengah di Taman GOR Palu pada tanggal 5-6 Agustus 2023 dengan melibatkan 170 UMKM. Dengan tema “100% Sulawesi Tengah,” kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, mulai dari kick-off hingga acara puncak harvesting.

Acara dimulai dengan meriah, menampilkan penampilan kesenian, sambutan dari beberapa pejabat VVIP, fashion show, dan hiburan musik. Terdapat juga booth dan tenant yang menyediakan berbagai produk UMKM Sulawesi Tengah, dengan keterlibatan sebanyak 170 UMKM yang didukung oleh metode transaksi non tunai melalui QRIS.

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menyoroti tiga hal penting untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM dan pariwisata. Pertama, pentingnya mendorong afirmasi terhadap produk dan wisata dalam negeri. Kedua, perluasan akses pasar melalui promosi perdagangan dan business matching. Ketiga, mendorong UMKM untuk naik kelas dengan penguatan kelembagaan, perluasan kemitraan, dan peningkatan akses pembiayaan melalui digitalisasi.

Wakil Gubernur selaku Ketua Umum GBBI dan GBWI Sulteng 2023 juga mengapresiasi semua pihak yang turut berperan dalam kesuksesan acara tersebut. Diharapkan kegiatan ini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah dan memperkenalkan Sulteng sebagai negeri 1000 megalith baik di tingkat nasional maupun internasional.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Miko Bayuaji, menyampaikan bahwa Bank Indonesia berkontribusi dalam berbagai aspek acara, termasuk fashion show yang menampilkan kreasi busana dari bahan tenun khas Sulteng. Hingga hari pertama harvesting, transaksi UMKM GBBI dan GBWI telah mencapai angka di atas Rp5 Miliar dan diperkirakan akan terus bertambah seiring berjalannya acara. RES