PALU – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dari Partai Gerindra, Dr. Ir. Alimuddin Paada, MS, telah melaksanakan kunjungan Dapil (Kundapil) yang berlangsung di Hotel Grand Wisata Palu pada Minggu (31/7/2023).

Dalam acara Kundapil tersebut, Alimuddin Paada mengundang sejumlah anak muda, pegiat seni, dan majelis ta’alim di Kota Palu. Ia mendorong para peserta untuk terus mengembangkan kreativitas dalam menciptakan karya seni, baik itu lagu, tarian, maupun bentuk kesenian lainnya.

“Saya berharap para pegiat seni terus meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan produk kesenian yang berkualitas,” ungkap Alimuddin Paada.

Lebih lanjut, politisi Gerindra tersebut menyarankan agar pegiat seni tidak bergantung sepenuhnya pada dana yang diberikan oleh pemerintah daerah. Ia mendorong para seniman untuk mandiri dalam membangun organisasi mereka dengan menyelenggarakan acara-acara besar yang menampilkan hasil karya mereka.

“Pegiat seni harus mandiri dalam membangun organisasinya dengan cara membuat suatu event yang besar dan menampilkan hasil ciptaannya baik lagu, tarian, dan kesenian lainnya,” tegas Alimuddin Paada.

Untuk mendukung keberlanjutan kegiatan seni, Alimuddin juga menyarankan agar para pegiat seni menjual karcis sehingga acara-acara tersebut dapat memberikan kontribusi ekonomi. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan meningkatkan tanggung jawab terhadap apa yang mereka tampilkan.

Namun, dalam kesempatan tersebut, Alimuddin Paada juga menekankan pentingnya menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah. Ia berpendapat bahwa koordinasi yang baik antara pemda dan para pegiat seni sangatlah penting untuk mengakselerasi perkembangan dunia kesenian di Kota Palu. RA