PALU –  Sukarelawan Srikandi Ganjar memiliki sejumlah cara untuk bisa memberdayakan para perempuan di seluruh Indonesia agar semakin mandiri dan berkembang.

Kali ini, pendukung Ganjar Pranowo itu mengujungi Desa Bulurai, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk melatih perempuan milenial cara budi daya ikan air tawar pada Senin (05/06/2023).

Koordinator Wilayah Srikandi Sulteng Fatimah mengatakan kegiatan tersebut mendapatkan antusias dari masyarakat sekitar.

Dia mengatakan sejumlah warga khususnya milenial menghadiri acara tersebut agar bisa mengetahui bagaimana membudiyakan ikan air tawar yang baik.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga diisi dengan materi bagaimana cara melihat kondisi ikan.

“Ikan ketika dia mulai mangap-mangap dan menghadapkan wajahnya ke atas seperti mengambil oksigen dari luar air, itu tandanya ikan sedang setres. Kondisi ini sudah wajib untuk di khawatirkan. Karena besar kemungkinan ikan-ikan tersebut akan mati,” ungkap Fatimah dalam siaran persnya

Dia menambahkan, perempuan pendukung Ganjar Pranowo itu juga menjelaskan tentang cara penangkapan bibit yang tidak boleh diambil pada waktu siang.

Sebab, hal itu bisa berpengaruh pada tingkat ke-setresan pada ikan. “Waktu yang tepat untuk pengambilan bibit adalah di pagi dan sore hari,” tutur dia.

Tidak hanya itu, mereka juga memberikan penjelasan mengenai pelepasan ikan setelah diambil dari lokasi pembibitan. 

“Ikan-ikan dari pembibitan diberi wadah plastik dan diisi dengan oksigen secukupnya. Nah, setelah sampai pada lokasi pembudidayaan ikan-ikan tersebut tidak boleh langsung dilepaskan begitu saja ke dalam kolam, tetapi ada teknik-teknik yang harus dilakukan,” kata dia.

Dia menjelaskan cara melepas ikan saat di dalam kolam. Biarkan ikan mengambang dalam kolam dengan kondisi masih diplastik. 

Hal itu bertujuan agar ikan dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. “Ikan-ikan ini juga tidak boleh untuk diberi makan sebelum 24 jam berlalu,” tuturnya.

Dengan penjelasan sekaligus praktek yang dilakukan pemateri ini, dia menyebut teman-teman milenial lebih mudah untuk memahami bagaimana cara budi daya yang baik dan benar. 

Di sela kegiatan itu, Fatimah juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada para milenial yang menghadiri acara tersebut.

Fatimah berharap agar para perempuan milenial itu mendukung agar Ganjar Pranowo bisa menjadi presiden pada 2024. TIM