PALU – Tim Seleksi (Timsel) untuk menyeleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah () dibagi tiga zona. Masing-masing zona terdiri dari beberapa wilayah yang ada di Sulteng.

Hal itu diungkapkan sejumlah timsel pada Konfrensi Pers Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulteng pada Senin (22/5/2023) di Palu Golden Hotel.

Masing-masing zona tersebut terdiri dari berbagai wilayah antara lain :

Zona I

  1. Kabupaten Buol
  2. Kabupaten Donggala
  3. Kabupaten Sigi
  4. Kabupaten Toli-Toli
  5. Kota Palu 

Zona II

  1. Kabupaten Morowali
  2. Kabupaten Morowali Utara
  3. Kabupaten Parigi Moutong
  4. Kabupaten Poso

Zona III

  1. Kabupaten Banggai
  2. Kabupaten Banggai Kepulauan
  3. Kabupaten Banggai Laut 
  4. Kabupaten Tojo Una-Una

Masing-masing zona diketua oleh Ketua Zona I, Dr Ritha Safitri Lapasere, MSi, ketua zona II, Dr H Kamaruddin MAg dan ketua Zona III,Rosdian, SH,MH. 

Timsel dari tiga zona yang sudah terbagi tersebut mulai 22 Mei 2023 mulai bekerja untuk mensosilisasikan pembukaan pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulteng.

Dr H Kamaruddin MAg mengatakan, pihaknya akan menjalankan proses seleksi dan tahapan sesuai aturan dan padoman yang ada. Dirinya juga meminta seluruh timsel dari zona I dan III untuk tidak melakukan gerakan tambahan diluar aturan yang ditetapkan.

“Kita kerja sesuai aturan yang sudah ditetapkan, karena rujukan utama kita adalah aturan,” tegasnya.

Proses sosilisasi pembukaan pendaftaran calon anggota Bawaslu se Sulteng akan berlangsung hingga tanggal 27 Mei mendatang.

Timses berharap informasi pembukaan pendaftaran tersebut bisa diketahui secara luas, agar semakin banyak yang mengikuti dan melibatkan diri untuk maju sebagai anggota Bawaslu kabupaten/kota.

Dr Ritha Safitri Lapasere juga berharap banyak keterwakilan perempuan yang berpotensi memanfaatkan momen ini untuk bisa menjadi pengawas pemilu. 

“Saya yakin perempuan-perempuan yang berada di pelosok daerah kita juga pantas untuk ikut. Makanya kita harap informasi pendaftaran ini bisa tersebar secara luas,” jelasnya.

Pihak Bawaslu Sulteng dan Timsel juga akan membagikan informasi link untuk mendowload formulir pendaftaran di sejumlah media massa dan media sosial. 

Adapun nama-nama Timsel calon anggota diantaranya :

Zona I

1. Dr. Ritha Savitri Lapasere,M.Si

2. Dr. Suwardhi Pantih, S.Sos, MM

  1. Dr. Hj Kartini Malarangan, SH., MH

4. Andi Intan Purnamasari,S.H.,M.H.,LL.M

5. Rifai, SE, MM

Zona II

1. Dr. H. Kamaruddin, M.Ag

2. Johnny A. A. Suak., SE., M.Si

3. Abdul Rifai.,S.Sos

4. Dr. M. Nur Alamsyah, S.IP., M.Si

5. Dr. Imran, SH, MH

Zona III

1. Dr. Susi Susilawati, S.HI., M.H.

2. Rosdian, S.H., M.H.

3. Dr. Ansar.,S.H.I.,M.H

4. Muhammad Nasrum, S.Sos., M.Sc

5. Dr. Hamdin Husin, S.Sos, M.Si