–   – Salah satu komunitas kopi  kopi yaitu Central Celebes Coffee (CCC), Minggu (21/5/2023) mengelar lomba seduh kopi dengan metode manual brew yang bertujuan membangkitkan potensi dan skil barista yang ada di Kota Palu.

Pertumbuhan usaha kedai kopi di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akrab kita sebut coffe shop khususnya di Kota Palu kian bertumbuh pesat. Hal itu dapat dilihat banyaknya kedai kopi yang bermunculan di Kota Palu. Beragam kedai kopi ini pun hadir dengan ciri khasnya masing-masing.

Dengan tajuk “Liga Tarkam” puluhan barista Kota Palu, sejumlah barista adu skill dalam penyajikan seduhan kopinya yang digelar di Intime Coffee Lab.

Salah satu founder CCC Komunitas, David mengatakan dalam Liga Tarkam sesi 1 ini diikuti sebanyak 15 orang peserta. 

“Tujuan kami sangat sederhana, yaitu meingkatkan mental dan pengetahuan bara barista di Kota Palu, makanya kami gelar lomba-lomba kecil-kecilan seperti ini,” ujarnya.

David menambahkan liga tarkam ini rencananya akan digelar sebanyak 2 kali dan diakhiri dengan lomba Close Season. Tidak hanya sampai disitu, David mengaku lomba ini merupakan tangkaian dari agenda lomba utama CCC Komunitas yaitu Palu Brewers Cup.

“Jadi istilahnya ini pemanasan, untuk mereka supaya bisa tampil maksinal dilomba puncak, karena akan dinilai oleh juri yang berkompeten,” jelasnya.

Dengan digelarnya lomba seperti ini, David berharap akan jadi pemicu para penggiat kopi di Sulteng untuk bisa sama-sama memperkenalkan Kopi asal Sulteng dan juga melahirkan barista-barista yang bisa berlaga diajang-ajang Nasional dan Intenasional.

“Saya rasa kami hanya bagian kecil. Tapi mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa jadi pemicu untuk bangkitnya industri kopi,” harapnya. TIM